RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 10 x 35 menit
Standar Kompetensi :
7. Mempraktikkan
pola penggunaan dan perpindahan energi.
Kompetensi Dasar :
7.1. Melakukan percobaan untuk menyelidik hubungan
antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, ketapel/ model traktor sederhana
energi pegas).
Indikator :
·
Siswa dapat menentukan alat dan bahan yang sesuai.
·
Siswa dapat membuat model untuk menunjukkan pengaruh gaya
terhadap gerak benda, misalnya: membuat model jungkat-jungkit dan ketapel.
·
Siswa dapat menjelaskan beberapa faktor yang mempengaruhi
gerak benda, misalnya tarikan karet pada ketapel.
·
Siswa dapat memberikan contoh penggunaan alat yang
berhubungan dengan gaya dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari.
A. Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik
mampu:
1.
Menjelaskan konsep gaya dan pengaruhnya dalam mengubah
gerak benda.
2.
Mengidentifikasi berbagai faktor yang mempengaruhi gerak
benda.
3.
Merancang suatu karya yang menggunakan konsep gayadan
gerak.
4.
Membuat model yang menggunakan penerapan konsep gaya dan
gerak.
5.
Mengidentifikasi alat-alat yang berhubungan dengan gaya
dan gerak dalam kehidupan sehari-hari.
B. Materi Pokok Pembelajaran :
Gaya
dan Gerak.
C. Metode Pembelajaran :
1.
Model pembelajaran
a.
Teaching Game Team (TGT).
b.
Cooperative Teaching and
Learning (CTL).
2.
Metode
a.
Tanya jawab.
b.
Penugasan.
c.
Eksperimen (Kerja Kelompok).
d.
Demonstrasi.
D. Kegiatan Pembelajaran :
1.
Pertemuan Pertama (2x35 menit)
1.1.Pendahuluan (10 menit)
§
Guru mengajak siswa untuk berdo’a dilanjutkan dengan
mengabsen kehadiran siswa.
§
Memberi apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan
melakukan tanya jawab: Apa yang menyebabkan anak panah terlepas dari busur?
§
Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan dapat
dicapai oleh siswa tentang apa yang dimaksud dengan gaya?
1.2.Kegiatan Inti (45 menit)
1.2.1.
Eksplorasi
§
Siswa mengingat dan mendengarkan kembali materi tentang
gaya yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya.
§
Siswa membentuk kelompok dengan anggota 6-7 orang siswa.
§
Siswa membuat model jungkat-jangkit dengan bahan yang
sederhana (misalnya plastisin/penggaris).
§
Siswa melakukan diskusi tentang pengaruh gaya terhadap
gerak benda, misalnya jungkat-jangkit.
§
Guru membimbing siswa dalam melakukan percobaan dan
diskusi.
§
Masing-masing kelompok membuat kesimpulan hasil diskusi.
1.2.2.
Elaborasi
Setiap perwakilan
kelompok melaporkan kesimpulan hasil diskusi ke muka kelas, kelompok lain
memperhatikan dan menyimak laporan yang disampaikan oleh kelompok yang sedang
melaporkan hasil diskusi.
1.2.3.
Konfirmasi
Guru bersama-sama
siswa menyimpulkan materi yang didiskusikan yaitu:
§
Gaya adalah tarikan atau dorongan yang diberikan pada
suatu benda.
§
Bahwa gaya dapat mempengaruhi gerak benda, sebagaimana
jungkat-jangkit dapat bergerak karena adanya pengaruh gaya yaitu beban/berat
benda. Gaya berat benda yang tidak sama, menyebabkan posisi jungkat-jangkit
tidak seimbang, sedangkan beban yang sama membuat gerak jungkat-jungkit
setimbang.
1.3.Penutup (15 menit)
§
Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah
menyelesaikan pekerjaannya dalam berdiskusi maupun yang dapat menjawab
pertanyaan dalam proses pembelajaran.
§
Guru memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk
mempelajari dan membawa alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat ketapel
pada pertemuan berikutnya.
2.
Pertemuan Kedua (2x35 menit)
2.1. Pendahuluan (10 menit)
§
Guru mengajak siswa berdo’a lalu mengabsen kehadiran
siswa.
§
Memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan
melakukan tanya jawab: Bagaimana cara memainkan ketapel?
§
Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan
dapat dicapai oleh siswa yaitu tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda.
2.2. Kegiatan Inti (50 menit)
2.2.1. Eksplorasi
§
Guru meminta siswa/ kelompok untuk keluar menuju halaman
sekolah, dan mengeluarkan alat serta bahan yang telah mereka bawa untuk membuat
ketapel.
§
Guru meminta salah satu kelompok untuk menyebutkan alat
dan bahan yang telah dibawa.
§
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang mekanisme
kerja kelompok, serta mengingatkan agar berhati-hati dalam menggunakan alat
agar tidak terluka.
§
Setiap kelompok mengerjakan pembuatan ketapel dengan
menggunakan alat dan bahan yang telah mereka bawa dengan batas waktu yang telah
disepakati.
§
Guru memperhatikan cara kerja dan mengawasi setiap
kelompok dalam mempraktikkan pembuatan ketapel.
§
Jika semua kelompok telah selesai, guru meminta
perwakilan kelompok untuk mencoba ketapel yang telah dibuatnya, benda yang
dilontarkan terdiri dari batu kerikil dan kertas yang dibulatkan.
§
Setelah selesai memperagakan hasil kerja kelompok,
masing-masing kelompok membuat kesimpulan tentang pengaruh gaya terhadap gerak
benda.
2.2.2. Elaborasi
Perwakilan
kelompok menyebutkan hasil kesimpulan yang telah dibutnya
2.2.3. Konfirmasi
§
Guru dan siswa menyimpulkan hasil diskusi, guru
menjelaskan tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda yang bekerja pada
ketapel, maupun benda lain.
§
Gaya dapat mempengaruhi gerak benda, semakin besar gaya
yang diberikan, semakin besar pula pengaruh gaya tersebut terhadap gerak benda,
contohnya: semakin besar gaya atau tarikan pada ketapel, maka semakin jauh
benda terlontar.
§
Benda yang berasal dari kerikil akan jauh terlempar jika
dibandingkan dengan kertas yang dibulatkan, hal ini dipengaruhi oleh berat
benda yang akan dilontarkan, dan besar gaya yang diberikan terhadap ketapel.
2.3. Penutup (10 menit)
§
Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah
menyelesaikan pekerjaannya dalam berdiskusi maupun yang dapat menjawab
pertanyaan dalam proses pembelajaran.
§
Guru memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk
mempelajari dan membawa alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat traktor
pegas pada pertemuan berikutnya.
3.
Pertemuan Ketiga (2x35 menit)
3.1. Pendahuluan (10 menit)
§
Guru mengawali pertemuan dengan mengajak siswa berdo’a,
dilanjutkan dengan mengabsen kehadiran siswa.
§
Memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan
melakukan tanya jawab: Bagaimana cara memainkan ketapel?
§
Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan
dapat dicapai oleh siswa yaitu tentang bagaimana prinsip kerja traktor pegas/
mobil-mobilan.
3.2. Kegiatan Inti (50 menit)
3.2.1. Eksplorasi
§
Guru meminta siswa/ kelompok untuk keluar menuju halaman
sekolah, dan mengeluarkan alat serta bahan yang telah mereka bawa untuk membuat
ketapel.
§
Guru meminta salah satu kelompok untuk menyebutkan alat
dan bahan yang telah dibawa.
§
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang mekanisme
kerja kelompok, serta mengingatkan agar berhati-hati dalam menggunakan alat
agar tidak terluka.
§
Setiap kelompok mengerjakan pembuatan traktor pegas/ mobil-mobilan
dengan menggunakan alat dan bahan yang telah mereka bawa dengan batas waktu
yang telah disepakati.
§
Guru memperhatikan cara kerja dan mengawasi setiap
kelompok dalam mempraktikkan pembuatan traktor pegas/ mobil-mobilan.
§
Jika semua kelompok telah selesai, guru meminta
perwakilan kelompok untuk mencoba traktor pegas yang telah dibuatnya.
§
Setelah selesai memperagakan hasil kerja kelompok,
masing-masing kelompok membuat kesimpulan tentang pengaruh gaya terhadap gerak
traktor pegas/ mobil-mobilan.
3.2.2. Elaborasi
Perwakilan
kelompok menyebutkan hasil kesimpulan yang telah dinuatnya.
3.2.3. Konfirmasi
§
Guru dan siswa menyimpulkan hasil diskusi, guru
memperjelas tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda yang bekerja pada
traktor pegas/ mobil-mobilan.
§
Semakin besar gaya yang diberikan pada traktor pegas,
semakin besar pula pengaruh gaya tersebut terhadap gerak benda. Contohnya:
semakin besar gaya atau tarikan pada traktor pegas/ mobil-mobilan, maka semakin
jauh/ cepat benda tersebut bergerak.
3.3. Penutup (10 menit)
§
Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah
menyelesaikan pekerjaannya dalam berdiskusi maupun yang dapat menjawab
pertanyaan dalam proses pembelajaran.
§
Guru memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk
mempelajarai dan mencari contoh permainan yang menggunakan prinsip gaya dan
gerak, serta bentuk gaya yang diberikan pada permainan tersebut.
4.
Pertemuan Keempat (2x35 menit)
4.1. Pendahuluan (10 menit)
§
Guru mengajak siswa untuk berdo’a sebelum memulai
belajar, lalu mengabsen kehadiran siswa.
§
Memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan
melakukan tanya jawab: Siapa yang pernah mengendarai sepeda?
§
Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan
dapat dicapai oleh siswa yaitu tentang gaya yang bekerja pada sepeda.
4.2. Kegiatan Inti (50 menit)
4.2.1. Eksplorasi
§
Guru meminta siswa untuk mengumpulkan tugas yang telah
diberikan pada pertemuan yang lalu, dan membahasnya bersama-sama siswa.
§
Guru bersama siswa mengamati sepeda/ gambar sepeda
sebagai bahan belajar.
§
Siswa melakukan diskusi dengan bahan hand out tentang
materi yang telah disampaikan, yaitu tentang hasil pengamatanterhadap sepeda,
lalu mendiskusikan tentang gaya gesek pada sepeda.
§
Setelah selesai berdiskusi, salah satu kelompok
memberikan pertanyaan kepada kelompok lain dengan menyebutkan nomor/ nama
kelompok mengenai materi yang sedang didiskusikan. Kelompok yang disebutkan
nama/ nomornya menjawab pertanyaan, dan jika kelompok tersebut tidak dapat
menjawab dapat diberikan kepada kelompok lain untuk menjawabnya. Kegiatan ini
terus dilakukan sampai semua kelompok diberi pertanyaan dan dapat menjawab
pertanyaan.
§
Dalam kegiatan ini guru mengarahkan dan memperjelas jika
ada pertanyaan yang tidak difahami oleh kelompok yang ditanya.
4.2.2. Elaborasi
Guru
meminta perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi yang telah
dilakukan
4.2.3. Konfirmasi
Guru
bersama-sama siswa menyamakan dan menyimpulkan hasil diskusi kelompok antara
lain:
§
Sepeda dapat bergerak jika ada pengaruh gaya, yaitu gaya
otot yang dilakukan oleh manusia ketika mengayuh sepeda, sehingga sepeda
tersebut bergerak dan berpindah tempat maupun berubah arah geraknya.
§
Sepeda yang sedang berjalan, gerakan sepeda dapat
diperlambat atau bahkan berhenti jika diberikan pengaruh gaya, yaitu gaya gesek
pada roda sepeda.
§
Untuk memperbesar gaya gesek, maka permukaan benda harus
diperkasar atau diberikan ulir. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin
kasar permukaan benda, semakin besar pengaruh gaya geseknya.
4.3. Penutup (10 menit)
§
Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah
menyelesaikan pekerjaannya dalam berdiskusi maupun yang dapat menjawab
pertanyaan dalam proses pembelajaran.
§
Guru memberikan tugas kepada setiap siswa untuk
mempelajari dan mencari contoh alat-alat yang menggunakan prinsip gaya dan
gerak, serta bentuk dan pengaruh gaya yang diberikan pada alat-alat tersebut.
5.
Pertemuan Kelima (2x35 menit)
5.1. Pendahuluan (10 menit)
§
Guru mengajak siswa untuk berdo’a sebelum memulai
belajar, lalu mengabsen kehadiran siswa.
§
Memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan
melakukan tanya jawab: Apakah kamu
punya sumur timba?
Bagaimana cara mengambil air dari
sumur timba?
§
Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan
dapat dicapai oleh siswa yaitu tentang gaya yang bekerja pada sumur timba dan
atau alat-alat lain yang serupa.
5.2. Kegiatan Inti (50 menit)
5.2.1. Eksplorasi
§
Guru mengulang materi pertemuan yang lalu tentang gaya
yang bekerja pada sepeda serta pengaruh gaya gesek pada sepeda.
§
Guru bersama siswa mengamati gambar sumur timba sebagai
bahan belajar.
§
Siswa melakukan diskusi tentang gaya yang bekerja dan
pengaruhnya pada sumur timba, serta membandingkannya dengan gaya gesek yang
bekerja pada sepeda.
§
Setelah selesai berdiskusi, salah satu kelompok
memberikan pertanyaan kepada kelompok lain dengan menyebutkan nomor/ nama
kelompok mengenai materi yang sedang didiskusikan. Kelompok yang disebutkan
nama/ nomornya, menjawab pertanyaan, dan jika kelompok tersebut tidak dapat
menjawab dapat diberikan kepada kelompok lain untuk menjawabnya. Kegiatan ini
terus dilakukan sampai semua kelompok diberikan pertanyaan dan dapat menjawab
pertanyaan.
§
Dalam kegiatan ini guru mengarahkan dan memperjelas jika
ada pertanyaan yang tidak difahami oleh kelompok yang ditanya.
5.2.2. Elaborasi
Guru
meminta perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi yang telah
dilakukan.
5.2.3. Konfirmasi
Guru
bersama-sama siswa menyamakan dan menyimpulkan hasil diskusi kelompok antara
lain :
§
Pada sumur timba memanfaatkan pesawat sederhana yaitu
katrol, dalam katrol ada pengaruh gaya otot. Agar pada saat menimba air tidak
berat, maka harus diperkecil gaya geseknya pada katrol tersebut, yaitu dengan
memberi bantalan peluru.
§
Untuk memperkecil gaya gesek, maka permukaan benda harus
diperhalus atau dibuat licin, salah satunya yaitu dengan memberi bantalan
peluru.
5.3. Penutup (10 menit)
§
Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah
menyelesaikan pekerjaannya dalam berdiskusi maupun yang dapat menjawab
pertanyaan dalam proses pembelajaran.
§
Guru memberikan tugas kepada setiap siswa untuk
mempelajari dan mencari contoh alat-alat dalam kehidupan sehari-hari yang
memanfaatkan gaya dan gerak, serta bentuk dan pengaruh gaya yang diberikan pada
alat-alat tersebut.
E.
Sumber Belajar :
-
Buku Paket IPA Karangan Dwi Suhartanti, Isnani Aziz
Zulaikha, Yulinda Erma Suryani, Penerbit Mentari Pustka (Buku BSE)
-
Gambar Hewan
-
Lembar Kerja Siswa (LKS)
-
Lingkungan Sekitar
F. Penilaian
Hasil Belajar
1.
Tekhnik Penilaian:
a.
Tes unjuk kerja
b.
Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
a. Uji petik kerja
produk
b. Tugas
c. Uraian
3. Instrumen
a.
Uji petik kerja produk
1)
Sediakan
plastisin/ benda lain berbentuk prisma sebagai titik tumpu.
2)
Letakkan
penggaris di atas bentuk prisma. Letakkan benda di kedua ujung penggaris, beri
sedikit dorongan.
Rubrik:
No
|
Aspek
|
Skor
Maksimum
|
Skor Perolehan
Peserta Didik
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Ketepatan
prosedur kerja
Kerjasama
tim
Hasil
karya sesuai rancangan
Nilai
fungsional produk
Nilai
estetika produk
Ketepatan
mengambil kesimpulan
Ketepatan
menjawab pertanyaan
|
3
3
3
3
3
3
3
|
|
Jumlah
Skor
|
Jumlah skor perolehan peserta didik
NA (Nilai
Akhir) : x 100
Jumlah skor maksimum
b.
Tugas
Carilah bentuk-bentuk gaya yang kamu lakukan pada
permainanmu sehari-hari.
c.
Uraian
Berikan contoh berbagai alat dan mainan yang digunakan
dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan gaya dan gerak.
Jawab : Jungkat-jangkit, ketapel, mobil-mobilan,
sepeda, dan timba air.
Skor : 2
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
TARSIM
SONJAYA, S.Pd
NIP. 19600103 198204 1 002
|
Telagasari,
11 Januari 2010
Guru
Kelas
AAN
SURYANA, S.Pd.SD
NIP.
19630905 198610 1 001
|
terima kasih rppnya pak dapat saya jadikan contoh yang baik
BalasHapusRpp nya bagus bisa tuk referensi
BalasHapusizin copy untuk referensi
BalasHapus