Selasa, 13 Desember 2011

RPP IPA 6-2 (7.1) Gaya & Gerak


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                                                Mata Pelajaran     :   Ilmu Pengetahuan Alam
                                                Kelas/Semester    :   VI / II
                                                Alokasi Waktu    :   10 x 35 menit


Standar Kompetensi :
7.    Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi.

Kompetensi Dasar :
7.1. Melakukan percobaan untuk menyelidik hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, ketapel/ model traktor sederhana energi pegas).

Indikator :
·           Siswa dapat menentukan alat dan bahan yang sesuai.
·           Siswa dapat membuat model untuk menunjukkan pengaruh gaya terhadap gerak benda, misalnya: membuat model jungkat-jungkit dan ketapel.
·           Siswa dapat menjelaskan beberapa faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya tarikan karet pada ketapel.
·           Siswa dapat memberikan contoh penggunaan alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari.
  
A.      Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu:
1.       Menjelaskan konsep gaya dan pengaruhnya dalam mengubah gerak benda.
2.       Mengidentifikasi berbagai faktor yang mempengaruhi gerak benda.
3.       Merancang suatu karya yang menggunakan konsep gayadan gerak.
4.       Membuat model yang menggunakan penerapan konsep gaya dan gerak.
5.       Mengidentifikasi alat-alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari.

B.       Materi Pokok Pembelajaran :
Gaya dan Gerak.

C.      Metode Pembelajaran :
1.         Model pembelajaran
a.         Teaching Game Team (TGT).
b.        Cooperative Teaching and Learning (CTL).

2.         Metode
a.         Tanya jawab.
b.        Penugasan.
c.         Eksperimen (Kerja Kelompok).
d.        Demonstrasi.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
1.         Pertemuan Pertama (2x35 menit)
1.1.Pendahuluan (10 menit)
§  Guru mengajak siswa untuk berdo’a dilanjutkan dengan mengabsen kehadiran siswa.
§  Memberi apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan melakukan tanya jawab: Apa yang menyebabkan anak panah terlepas dari busur?
§  Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa tentang apa yang dimaksud dengan gaya?

1.2.Kegiatan Inti (45 menit)
1.2.1.      Eksplorasi
§  Siswa mengingat dan mendengarkan kembali materi tentang gaya yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya.
§  Siswa membentuk kelompok dengan anggota 6-7 orang siswa.
§  Siswa membuat model jungkat-jangkit dengan bahan yang sederhana (misalnya plastisin/penggaris).
§  Siswa melakukan diskusi tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda, misalnya jungkat-jangkit.
§  Guru membimbing siswa dalam melakukan percobaan dan diskusi.
§  Masing-masing kelompok membuat kesimpulan hasil diskusi.

1.2.2.      Elaborasi
Setiap perwakilan kelompok melaporkan kesimpulan hasil diskusi ke muka kelas, kelompok lain memperhatikan dan menyimak laporan yang disampaikan oleh kelompok yang sedang melaporkan hasil diskusi.

1.2.3.      Konfirmasi
Guru bersama-sama siswa menyimpulkan materi yang didiskusikan yaitu:
§  Gaya adalah tarikan atau dorongan yang diberikan pada suatu benda.
§  Bahwa gaya dapat mempengaruhi gerak benda, sebagaimana jungkat-jangkit dapat bergerak karena adanya pengaruh gaya yaitu beban/berat benda. Gaya berat benda yang tidak sama, menyebabkan posisi jungkat-jangkit tidak seimbang, sedangkan beban yang sama membuat gerak jungkat-jungkit setimbang.

1.3.Penutup (15 menit)
§  Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah menyelesaikan pekerjaannya dalam berdiskusi maupun yang dapat menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran.
§  Guru memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk mempelajari dan membawa alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat ketapel pada pertemuan berikutnya.

2.         Pertemuan Kedua (2x35 menit)
2.1.    Pendahuluan (10 menit)
§  Guru mengajak siswa berdo’a lalu mengabsen kehadiran siswa.
§  Memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan melakukan tanya jawab: Bagaimana cara memainkan ketapel?
§  Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa yaitu tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda.
2.2.    Kegiatan Inti (50 menit)
                                    2.2.1.  Eksplorasi
§  Guru meminta siswa/ kelompok untuk keluar menuju halaman sekolah, dan mengeluarkan alat serta bahan yang telah mereka bawa untuk membuat ketapel.
§  Guru meminta salah satu kelompok untuk menyebutkan alat dan bahan yang telah dibawa.
§  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang mekanisme kerja kelompok, serta mengingatkan agar berhati-hati dalam menggunakan alat agar tidak terluka.
§  Setiap kelompok mengerjakan pembuatan ketapel dengan menggunakan alat dan bahan yang telah mereka bawa dengan batas waktu yang telah disepakati.
§  Guru memperhatikan cara kerja dan mengawasi setiap kelompok dalam mempraktikkan pembuatan ketapel.
§  Jika semua kelompok telah selesai, guru meminta perwakilan kelompok untuk mencoba ketapel yang telah dibuatnya, benda yang dilontarkan terdiri dari batu kerikil dan kertas yang dibulatkan.
§  Setelah selesai memperagakan hasil kerja kelompok, masing-masing kelompok membuat kesimpulan tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda.

                        2.2.2.  Elaborasi
Perwakilan kelompok menyebutkan hasil kesimpulan yang telah dibutnya

                        2.2.3.  Konfirmasi
§  Guru dan siswa menyimpulkan hasil diskusi, guru menjelaskan tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda yang bekerja pada ketapel, maupun benda lain.
§  Gaya dapat mempengaruhi gerak benda, semakin besar gaya yang diberikan, semakin besar pula pengaruh gaya tersebut terhadap gerak benda, contohnya: semakin besar gaya atau tarikan pada ketapel, maka semakin jauh benda terlontar.
§  Benda yang berasal dari kerikil akan jauh terlempar jika dibandingkan dengan kertas yang dibulatkan, hal ini dipengaruhi oleh berat benda yang akan dilontarkan, dan besar gaya yang diberikan terhadap ketapel.

2.3.    Penutup (10 menit)
§  Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah menyelesaikan pekerjaannya dalam berdiskusi maupun yang dapat menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran.
§  Guru memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk mempelajari dan membawa alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat traktor pegas pada pertemuan berikutnya.

3.         Pertemuan Ketiga (2x35 menit)
3.1.    Pendahuluan (10 menit)
§  Guru mengawali pertemuan dengan mengajak siswa berdo’a, dilanjutkan dengan mengabsen kehadiran siswa.
§  Memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan melakukan tanya jawab: Bagaimana cara memainkan ketapel?
§  Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa yaitu tentang bagaimana prinsip kerja traktor pegas/ mobil-mobilan.

3.2.    Kegiatan Inti (50 menit)
          3.2.1.   Eksplorasi
§  Guru meminta siswa/ kelompok untuk keluar menuju halaman sekolah, dan mengeluarkan alat serta bahan yang telah mereka bawa untuk membuat ketapel.
§  Guru meminta salah satu kelompok untuk menyebutkan alat dan bahan yang telah dibawa.
§  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang mekanisme kerja kelompok, serta mengingatkan agar berhati-hati dalam menggunakan alat agar tidak terluka.
§  Setiap kelompok mengerjakan pembuatan traktor pegas/ mobil-mobilan dengan menggunakan alat dan bahan yang telah mereka bawa dengan batas waktu yang telah disepakati.
§  Guru memperhatikan cara kerja dan mengawasi setiap kelompok dalam mempraktikkan pembuatan traktor pegas/ mobil-mobilan.
§  Jika semua kelompok telah selesai, guru meminta perwakilan kelompok untuk mencoba traktor pegas yang telah dibuatnya.
§  Setelah selesai memperagakan hasil kerja kelompok, masing-masing kelompok membuat kesimpulan tentang pengaruh gaya terhadap gerak traktor pegas/ mobil-mobilan.

          3.2.2.   Elaborasi
Perwakilan kelompok menyebutkan hasil kesimpulan yang telah dinuatnya.

          3.2.3.   Konfirmasi
§  Guru dan siswa menyimpulkan hasil diskusi, guru memperjelas tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda yang bekerja pada traktor pegas/ mobil-mobilan.
§  Semakin besar gaya yang diberikan pada traktor pegas, semakin besar pula pengaruh gaya tersebut terhadap gerak benda. Contohnya: semakin besar gaya atau tarikan pada traktor pegas/ mobil-mobilan, maka semakin jauh/ cepat benda tersebut bergerak.

3.3.    Penutup (10 menit)
§  Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah menyelesaikan pekerjaannya dalam berdiskusi maupun yang dapat menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran.
§  Guru memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk mempelajarai dan mencari contoh permainan yang menggunakan prinsip gaya dan gerak, serta bentuk gaya yang diberikan pada permainan tersebut.

4.         Pertemuan Keempat (2x35 menit)
4.1.    Pendahuluan (10 menit)
§  Guru mengajak siswa untuk berdo’a sebelum memulai belajar, lalu mengabsen kehadiran siswa.
§  Memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan melakukan tanya jawab: Siapa yang pernah mengendarai sepeda?
§  Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa yaitu tentang gaya yang bekerja pada sepeda.

4.2.    Kegiatan Inti (50 menit)
          4.2.1.   Eksplorasi
§  Guru meminta siswa untuk mengumpulkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan yang lalu, dan membahasnya bersama-sama siswa.
§  Guru bersama siswa mengamati sepeda/ gambar sepeda sebagai bahan belajar.
§  Siswa melakukan diskusi dengan bahan hand out tentang materi yang telah disampaikan, yaitu tentang hasil pengamatanterhadap sepeda, lalu mendiskusikan tentang gaya gesek pada sepeda.
§  Setelah selesai berdiskusi, salah satu kelompok memberikan pertanyaan kepada kelompok lain dengan menyebutkan nomor/ nama kelompok mengenai materi yang sedang didiskusikan. Kelompok yang disebutkan nama/ nomornya menjawab pertanyaan, dan jika kelompok tersebut tidak dapat menjawab dapat diberikan kepada kelompok lain untuk menjawabnya. Kegiatan ini terus dilakukan sampai semua kelompok diberi pertanyaan dan dapat menjawab pertanyaan.
§  Dalam kegiatan ini guru mengarahkan dan memperjelas jika ada pertanyaan yang tidak difahami oleh kelompok yang ditanya.
          4.2.2.   Elaborasi
Guru meminta perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi yang telah dilakukan

          4.2.3.   Konfirmasi
Guru bersama-sama siswa menyamakan dan menyimpulkan hasil diskusi kelompok antara lain:
§  Sepeda dapat bergerak jika ada pengaruh gaya, yaitu gaya otot yang dilakukan oleh manusia ketika mengayuh sepeda, sehingga sepeda tersebut bergerak dan berpindah tempat maupun berubah arah geraknya.
§  Sepeda yang sedang berjalan, gerakan sepeda dapat diperlambat atau bahkan berhenti jika diberikan pengaruh gaya, yaitu gaya gesek pada roda sepeda.
§  Untuk memperbesar gaya gesek, maka permukaan benda harus diperkasar atau diberikan ulir. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin kasar permukaan benda, semakin besar pengaruh gaya geseknya.

4.3.    Penutup (10 menit)
§  Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah menyelesaikan pekerjaannya dalam berdiskusi maupun yang dapat menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran.
§  Guru memberikan tugas kepada setiap siswa untuk mempelajari dan mencari contoh alat-alat yang menggunakan prinsip gaya dan gerak, serta bentuk dan pengaruh gaya yang diberikan pada alat-alat tersebut.

5.         Pertemuan Kelima (2x35 menit)
5.1.    Pendahuluan (10 menit)
§  Guru mengajak siswa untuk berdo’a sebelum memulai belajar, lalu mengabsen kehadiran siswa.
§  Memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan melakukan tanya jawab:   Apakah kamu punya sumur timba?
              Bagaimana cara mengambil air dari sumur timba?
§  Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa yaitu tentang gaya yang bekerja pada sumur timba dan atau alat-alat lain yang serupa.

5.2.    Kegiatan Inti (50 menit)
          5.2.1.   Eksplorasi
§  Guru mengulang materi pertemuan yang lalu tentang gaya yang bekerja pada sepeda serta pengaruh gaya gesek pada sepeda.
§  Guru bersama siswa mengamati gambar sumur timba sebagai bahan belajar.
§  Siswa melakukan diskusi tentang gaya yang bekerja dan pengaruhnya pada sumur timba, serta membandingkannya dengan gaya gesek yang bekerja pada sepeda.
§  Setelah selesai berdiskusi, salah satu kelompok memberikan pertanyaan kepada kelompok lain dengan menyebutkan nomor/ nama kelompok mengenai materi yang sedang didiskusikan. Kelompok yang disebutkan nama/ nomornya, menjawab pertanyaan, dan jika kelompok tersebut tidak dapat menjawab dapat diberikan kepada kelompok lain untuk menjawabnya. Kegiatan ini terus dilakukan sampai semua kelompok diberikan pertanyaan dan dapat menjawab pertanyaan.
§  Dalam kegiatan ini guru mengarahkan dan memperjelas jika ada pertanyaan yang tidak difahami oleh kelompok yang ditanya.

          5.2.2.   Elaborasi
Guru meminta perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi yang telah dilakukan.

          5.2.3.   Konfirmasi
Guru bersama-sama siswa menyamakan dan menyimpulkan hasil diskusi kelompok antara lain :
§  Pada sumur timba memanfaatkan pesawat sederhana yaitu katrol, dalam katrol ada pengaruh gaya otot. Agar pada saat menimba air tidak berat, maka harus diperkecil gaya geseknya pada katrol tersebut, yaitu dengan memberi bantalan peluru.
§  Untuk memperkecil gaya gesek, maka permukaan benda harus diperhalus atau dibuat licin, salah satunya yaitu dengan memberi bantalan peluru.

5.3.    Penutup (10 menit)
§  Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah menyelesaikan pekerjaannya dalam berdiskusi maupun yang dapat menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran.
§  Guru memberikan tugas kepada setiap siswa untuk mempelajari dan mencari contoh alat-alat dalam kehidupan sehari-hari yang memanfaatkan gaya dan gerak, serta bentuk dan pengaruh gaya yang diberikan pada alat-alat tersebut.

E.       Sumber Belajar :
-       Buku Paket IPA Karangan Dwi Suhartanti, Isnani Aziz Zulaikha, Yulinda Erma Suryani, Penerbit Mentari Pustka (Buku BSE)
-       Gambar Hewan
-       Lembar Kerja Siswa (LKS)
-       Lingkungan Sekitar

F.       Penilaian Hasil Belajar
1.    Tekhnik Penilaian:
a.    Tes unjuk kerja
b.    Tes tertulis

2.    Bentuk Instrumen
a.    Uji petik kerja produk
b.    Tugas
c.    Uraian

3.    Instrumen
a.         Uji petik kerja produk
1)                                                                                                                             Sediakan plastisin/ benda lain berbentuk prisma sebagai titik tumpu.
2)          Letakkan penggaris di atas bentuk prisma. Letakkan benda di kedua ujung penggaris, beri sedikit dorongan.

Rubrik:
No
Aspek
Skor
Maksimum
Skor Perolehan
Peserta Didik
1
2
3
4
5
6
7
Ketepatan prosedur kerja
Kerjasama tim
Hasil karya sesuai rancangan
Nilai fungsional produk
Nilai estetika produk
Ketepatan mengambil kesimpulan
Ketepatan menjawab pertanyaan
3
3
3
3
3
3
3


Jumlah Skor



                                    Jumlah skor perolehan peserta didik
NA (Nilai Akhir) :                                                          x 100
                                          Jumlah skor maksimum


b.         Tugas
Carilah bentuk-bentuk gaya yang kamu lakukan pada permainanmu sehari-hari.

c.         Uraian
Berikan contoh berbagai alat dan mainan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan gaya dan gerak.
Jawab  :   Jungkat-jangkit, ketapel, mobil-mobilan, sepeda, dan timba air.
Skor    :   2




Mengetahui :
Kepala Sekolah,



TARSIM SONJAYA, S.Pd
NIP. 19600103 198204 1 002
Telagasari,  11 Januari 2010  
Guru Kelas



AAN SURYANA, S.Pd.SD
NIP. 19630905 198610 1 001

3 komentar: