Selasa, 13 Desember 2011

RPP IPA 4-1 (2.4) Struktur bunga dan fungsinya


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                                                Mata Pelajaran     :   Ilmu Pengetahuan Alam
                                                Kelas/Semester    :   IV (empat) / 1 (satu)
                                                Alokasi Waktu    :   2 x 35 menit
                                                Pelaksanaan        :  


I.           Standar Kompetensi :
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
2.     Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.

II.        Kompetensi Dasar :
2.4.  Menjelaskan hubungan antara struktur bunga dengan fungsinya.

III.     Indikator :
§  Menyebutkan bagian-bagain bunga beserta fungsinya.
§  Menjelaskan hubungan antara struktur bunga dengan fungsinya.
  
IV . Tujuan Pembelajaran :
Melalui ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi dan pemberian tugas diharapkan siswa dapat :
§  Menyebutkan bagian-bagain bunga beserta fungsinya.
§  Menjelaskan hubungan antara struktur bunga dengan fungsinya.

V.        Materi Ajar :
Struktur bunga dan fungsinya.

VI.     Metode Pembelajaran :
1.      Tanya jawab
2.      Penugasan
3.      Eksperimen (Kerja Kelompok)
4.      Demonstrasi
VII.  Langkah-langkah Pembelajaran:
1.       Kegiatan Awal (±5 menit)
§  Guru mengajak siswa untuk berdo’a dilanjutkan dengan mengabsen kehadiran siswa.
§  Memberi apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan melakukan tanya jawab: Apa yang kamu ketahui dari bagian-bagian tumbuhan?
§  Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa tentang apa yang dimaksud dengan struktur bunga dan fungsinya?

2.       Kegiatan Inti (±20 menit )
  Eksplorasi
§  Siswa mengingat dan mendengarkan kembali materi tentang struktur bunga dan fungsinya yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya.
§  Siswa membentuk kelompok dengan anggota 4-5 orang siswa.
§  Siswa membuat model gambar struktur bunga.
§  Siswa melakukan diskusi tentang struktur bunga dan fungsinya.
§  Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi.
§  Dalam kegiatan ini guru mengarahkan dan memperjelas jika ada pertanyaan yang tidak dipahami oleh kelompok yang ditanya.
§  Masing-masing kelompok membuat kesimpulan hasil diskusi.

Elaborasi
§  Setiap perwakilan kelompok melaporkan kesimpulan hasil diskusi ke muka kelas, kelompok lain memperhatikan dan menyimak laporan yang disampaikan oleh kelompok yang sedang melaporkan hasil diskusi.

  Konfirmasi
  Guru bersama-sama siswa menyimpulkan materi yang didiskusikan yaitu:
§  Fungsi utama bunga adalah sebagai perhiasan dan alat perkembangbiakan tumbuhan.
§  Bagian-bagain bunga: kelopak, mahkota, benangsari, putik, dasar dan tangkai bunga.
             
3.       Kegiatan Akhir (±10 menit)
§  Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah menyelesaikan pekerjaannya dalam berdiskusi maupun yang dapat menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran
§  Guru mengulang kembali kesimpulan yang didapatkan pada saat diskusi.
§  Evaluasi.
§  Pemberian tindak lanjut atau pemberian PR dan penguatan konsep.

VIII.       Alat/ Bahan/ Sumber Belajar :
§ Sumber belajar
-  Buku IPA Kelas IV Karangan Budi Wahyono dan Setyo Nurachmandani,  penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.
- Bse Senang Belajar IPA Karangan S. Rositawaty dan Aris Muharam penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

§ Alat media pembelajaran
-  Gambar bunga
-  Lingkungan sekitar

IX.   Evaluasi Penilaian :
1.          Prosedur Penilaian
Awal           :   Apersepsi / pre tes
Inti              :   Penilaian kegiatan diskusi
Akhir           :   Penilaian evaluasi / post tes
2.          Jenis test      :   Test tertulis / test lisan
3.          Bentuk tes   :   Isian
4.          Alat Test
a.               Soal tertulis
b.              Kunci jawaban
c.               Lembar Kerja Siswa  (terlampir)
d.              Pedoman Penilaian:
§   Banyak soal yang tepat 5 buah soal
§   Setiap soal dijawab benar diberi skor 2
§   Setiap soal dijawab salah diberi skor 0
§   Skor maksimum 10 dan skor minimum 0
e.               Cara menentukan Nilai Akhir ( NA ) :
                                                                                Jawaban Benar
Skor Perolehan       =   NA  =  ------------------- x 100
                                                  Jumlah Soal
Skor Maksimum     = ....

Soal
Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat!
1.        Bunga yang memiliki tangkai, kelopak, mahkota, benangsari, dasar bunga dan putik disebut bunga ...
2.        Alat kelamin betina pada bunga disebut .....
3.        Bagian bunga yang indah dan berwarna warni dinamakan ....
4.        Benangsari dengan serbuk sari sebagai alat kelamin ....
5.        Fungsi bunga yang utama adalah sebagai alat ....

Kunci Jawaban :
1.        sempurna
2.        putik
3.        mahkota
4.        jantan
5.        perkembangbiakan generatif



Mengetahui :
Kepala Sekolah,



TARSIM SONJAYA, S.Pd
NIP. 19600103 198204 1 002
Karawang,   September 2011  
Guru Kelas,



AAN SURYANA, S.Pd.SD
NIP. 19630905 198610 1 001





LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran         :   Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester       :   IV (empat) / 1 (satu)
Alokasi Waktu         :   2 x 35 menit  



Diskusikanlah!
Kegiatan:
Struktur bunga dan fungsinya
Tujuan:
Mengetahui bagian-bagian bunga melalui pengamatan.
Alat dan bahan:
*  bunga kembang sepatu, pensil, dan kertas gambar
Langkah kerja:
1.    Lakukan kegiatan ini bersama teman-temanmu.
2.    Ambil bunga kembang sepatu dan letakkan di atas meja, Amati!
3.    Copotlah bagian-bagain bunga tersebut secara hati-hati!
4.    Kelompokkan bagian-bagian yang bentuknya sama!
5.    terdapat berapa kelompok bagian bunga pada bunga kembang sepatu? Sebutkan!
6.    Gambarlah bunga kembang sepatu tersebut lengkap dengan keterangannya pada kertas gambar yang tersedia!
7.    Buatlah kesimpulan berdasarkan kegiatan ini!

      

TES FORMATIF

                                      Mata Pelajaran              :   Ilmu Pengetahuan Alam
                                      Kelas / Semester           :   IV (empat) / 1 (satu)

Nama Siswa  :    ......................................                                           No. :   ........................

    
 Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat!
1.         Bunga yang memiliki tangkai, kelopak, mahkota, benangsari, dasar bunga dan putik disebut bunga ...
2.         Alat kelamin betina pada bunga disebut .....
3.         Bagian bunga yang indah dan berwarna warni dinamakan ....
4.         Benangsari dengan serbuk sari sebagai alat kelamin ....
5.         Fungsi bunga yang utama adalah sebagai alat ....



BAHAN AJAR

                                      Mata Pelajaran              :   Ilmu Pengetahuan Alam
                                      Kelas / Semester           :   IV (empat) / 1 (satu)

    
A.   Standar Kompetensi
       Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
2.       Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.

B.   Kompetensi Dasar
2.4.    Menjelaskan hubungan antara struktur bunga dengan fungsinya.

C.   Indikator
§   Menyebutkan bagian-bagain bunga beserta fungsinya.
§   Menjelaskan hubungan antara struktur bunga dengan fungsinya.

D.   Ruang Lingkup:
       Bunga
       Fungsi utama bunga adalah sebagai perhiasan dan alat perkembangbiakan tumbuhan
       Bagian-bagain bunga:
1.       kelopak
2.       mahkota
3.       benangsari
4.       putik
5.       dasar dan tangkai bunga
       Bagian bunga yang paling menarik adalah mahkota

E.   Tujun Pembelajaran
Melalui ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi dan pemberian tugas diharapkan siswa dapat :
§   Menyebutkan bagian-bagain bunga beserta fungsinya.
§   Menjelaskan hubungan antara struktur bunga dengan fungsinya.

Referensi
§   Buku IPA Kelas IV Karangan Budi Wahyono dan Setyo Nurachmandani, penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.
§  Bse Senang Belajar IPA Karangan S. Rositawaty dan Aris Muharam penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

F.    Gambar-gambar yang berhubungan dengan bunga

            

1 komentar: