RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/Semester : IV (empat) / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pelaksanaan :
I.
Standar Kompetensi :
Makhluk Hidup dan
Proses Kehidupan
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan
fungsinya.
II.
Kompetensi Dasar :
2.4. Menjelaskan hubungan antara struktur bunga
dengan fungsinya.
III. Indikator :
§
Menyebutkan bagian-bagain bunga beserta fungsinya.
§
Menjelaskan hubungan antara struktur bunga dengan
fungsinya.
IV . Tujuan Pembelajaran :
Melalui ceramah,
tanya jawab, diskusi, demonstrasi dan pemberian tugas diharapkan siswa dapat :
§
Menyebutkan bagian-bagain bunga beserta fungsinya.
§
Menjelaskan hubungan antara struktur bunga dengan
fungsinya.
V.
Materi Ajar :
Struktur
bunga dan fungsinya.
VI. Metode Pembelajaran :
1.
Tanya jawab
2.
Penugasan
3.
Eksperimen (Kerja Kelompok)
4.
Demonstrasi
VII. Langkah-langkah Pembelajaran:
1.
Kegiatan Awal (±5 menit)
§
Guru mengajak siswa untuk berdo’a dilanjutkan dengan
mengabsen kehadiran siswa.
§
Memberi apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan
melakukan tanya jawab: Apa yang kamu ketahui dari bagian-bagian tumbuhan?
§
Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan
dapat dicapai oleh siswa tentang apa yang dimaksud dengan struktur bunga dan
fungsinya?
2.
Kegiatan Inti (±20 menit )
Eksplorasi
§
Siswa mengingat dan mendengarkan kembali materi
tentang struktur bunga dan
fungsinya yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya.
§
Siswa membentuk kelompok dengan anggota 4-5 orang
siswa.
§
Siswa membuat model gambar struktur bunga.
§
Siswa melakukan diskusi tentang struktur bunga dan fungsinya.
§
Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi.
§
Dalam kegiatan ini guru mengarahkan dan memperjelas jika
ada pertanyaan yang tidak dipahami oleh kelompok yang ditanya.
§
Masing-masing kelompok membuat kesimpulan hasil
diskusi.
Elaborasi
§
Setiap perwakilan kelompok melaporkan kesimpulan hasil
diskusi ke muka kelas, kelompok lain memperhatikan dan menyimak laporan yang
disampaikan oleh kelompok yang sedang melaporkan hasil diskusi.
Konfirmasi
Guru bersama-sama siswa menyimpulkan materi
yang didiskusikan yaitu:
§
Fungsi utama bunga adalah sebagai perhiasan dan alat
perkembangbiakan tumbuhan.
§
Bagian-bagain bunga: kelopak, mahkota, benangsari, putik,
dasar dan tangkai bunga.
3.
Kegiatan Akhir (±10 menit)
§
Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah
menyelesaikan pekerjaannya dalam berdiskusi maupun yang dapat menjawab
pertanyaan dalam proses pembelajaran
§
Guru mengulang kembali kesimpulan yang didapatkan pada
saat diskusi.
§
Evaluasi.
§
Pemberian tindak lanjut atau pemberian PR dan penguatan
konsep.
VIII. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar :
§ Sumber belajar
- Buku IPA Kelas IV Karangan Budi
Wahyono dan Setyo Nurachmandani, penerbit
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.
- Bse
Senang Belajar IPA Karangan S. Rositawaty dan Aris Muharam penerbit Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.
§ Alat media
pembelajaran
- Gambar bunga
- Lingkungan
sekitar
IX.
Evaluasi
Penilaian :
1.
Prosedur Penilaian
Awal : Apersepsi
/ pre tes
Inti : Penilaian
kegiatan diskusi
Akhir : Penilaian
evaluasi / post tes
2.
Jenis test : Test
tertulis / test lisan
3.
Bentuk tes : Isian
4.
Alat Test
a.
Soal tertulis
b.
Kunci jawaban
c.
Lembar Kerja
Siswa (terlampir)
d.
Pedoman
Penilaian:
§ Banyak
soal yang tepat 5 buah soal
§ Setiap
soal dijawab benar diberi skor 2
§ Setiap
soal dijawab salah diberi skor 0
§ Skor
maksimum 10 dan skor minimum 0
e.
Cara menentukan Nilai Akhir ( NA ) :
Jawaban Benar
Skor Perolehan =
NA = ------------------- x 100
Jumlah Soal
Skor Maksimum =
....
Soal
Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat!
1.
Bunga yang memiliki tangkai, kelopak, mahkota,
benangsari, dasar bunga dan putik disebut bunga ...
2.
Alat kelamin betina pada bunga disebut .....
3.
Bagian bunga yang indah dan berwarna warni dinamakan ....
4.
Benangsari dengan serbuk sari sebagai alat kelamin ....
5.
Fungsi bunga yang utama adalah sebagai alat ....
Kunci Jawaban :
1.
sempurna
2.
putik
3.
mahkota
4.
jantan
5.
perkembangbiakan generatif
Mengetahui :
Kepala Sekolah,
TARSIM SONJAYA, S.Pd
NIP. 19600103
198204 1 002
|
Karawang, September 2011
Guru Kelas,
AAN
SURYANA, S.Pd.SD
NIP. 19630905 198610 1 001
|
LEMBAR KERJA SISWA
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas
/ Semester : IV (empat) / 1 (satu)
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
Diskusikanlah!
Kegiatan:
Struktur bunga dan fungsinya
Tujuan:
Mengetahui bagian-bagian bunga melalui pengamatan.
Alat dan bahan:
* bunga kembang
sepatu, pensil, dan kertas gambar
Langkah kerja:
1. Lakukan
kegiatan ini bersama teman-temanmu.
2. Ambil bunga
kembang sepatu dan letakkan di atas meja, Amati!
3. Copotlah
bagian-bagain bunga tersebut secara hati-hati!
4. Kelompokkan bagian-bagian yang bentuknya
sama!
5. terdapat berapa kelompok bagian bunga pada
bunga kembang sepatu? Sebutkan!
6. Gambarlah bunga kembang sepatu tersebut
lengkap dengan keterangannya pada kertas gambar yang tersedia!
7. Buatlah kesimpulan berdasarkan kegiatan ini!
TES FORMATIF
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas /
Semester : IV (empat) / 1 (satu)
Nama Siswa : ...................................... No. : ........................
Isilah titik-titik pada soal
berikut dengan jawaban yang tepat!
1.
Bunga yang memiliki tangkai, kelopak, mahkota,
benangsari, dasar bunga dan putik disebut bunga ...
2.
Alat kelamin betina pada bunga disebut .....
3.
Bagian bunga yang indah dan berwarna warni dinamakan ....
4.
Benangsari dengan serbuk sari sebagai alat kelamin ....
5.
Fungsi bunga yang utama adalah sebagai alat ....
BAHAN AJAR
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas /
Semester : IV (empat) / 1 (satu)
A. Standar Kompetensi
Makhluk Hidup dan
Proses Kehidupan
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan
fungsinya.
B. Kompetensi Dasar
2.4. Menjelaskan hubungan antara struktur bunga
dengan fungsinya.
C. Indikator
§
Menyebutkan bagian-bagain bunga beserta fungsinya.
§
Menjelaskan hubungan antara struktur bunga dengan
fungsinya.
D. Ruang Lingkup:
Bunga
Fungsi utama bunga adalah sebagai
perhiasan dan alat perkembangbiakan tumbuhan
Bagian-bagain bunga:
1. kelopak
2. mahkota
3. benangsari
4. putik
5. dasar dan tangkai bunga
Bagian bunga yang paling menarik adalah
mahkota
E. Tujun Pembelajaran
Melalui ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi dan
pemberian tugas diharapkan siswa dapat :
§
Menyebutkan bagian-bagain bunga beserta fungsinya.
§ Menjelaskan
hubungan antara struktur bunga dengan fungsinya.
Referensi
§
Buku IPA
Kelas IV Karangan Budi Wahyono dan Setyo Nurachmandani, penerbit Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.
§
Bse Senang Belajar IPA Karangan S. Rositawaty dan Aris
Muharam penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.
F. Gambar-gambar yang berhubungan
dengan bunga
TQ PAK....BLOGNYA SANGAT BERMANFAAT 2 3
BalasHapusSALAM. TERIMAKASIH
BalasHapusterima kasih kang Aan
BalasHapusThanks ya ...
BalasHapusCasinos of 2021 | DrmCD
BalasHapusThe 서울특별 출장샵 list of casinos for the 수원 출장마사지 2021 대구광역 출장마사지 slots season is extensive, offering you the following options: ✓ No 거제 출장샵 deposit bonus ✓ Slots ✓ Live dealer tables 바카라 게임 ✓ Table games.